Senin, 26 Desember 2011

KEPARIWISATAAN (Tour Guide at Lubang Buaya)

SUCI RAMADHINI
3SA04
12609285
KEPARIWISATAAN
( TOUR GUIDE)

Aktivitas perjalanan atau travel secara umum merupakan aktivitas rutin manusia untuk melakukan perpindahan (movement)., dari suatu tempat ketempat lain, baik di lakukan menetap atau tidak menetap. Kemudian dengan semakin banyaknya perkembangannya bentuk aktivitas perjalanan dan semakin majunya fasilitas penunjang aktivitas perjalanan tersebut maka berkembanglah suatu bentuk perjalanan yang mempunyai tujuan untuk bersenang – senang, tidak mengikat (bebas menetukan tujuan perjalanan), tidak menetap (permanent stayed) serta dalam waktu yang sementara. Bentuk perjalanan tersebut adalah berwisata.

Sebagaimana diketahui biasanya perjalanan wisata (tour) lebih lengkap dibandingkan dengan bentuk perjalanan biasa, hal ini dapat dilihat dari jenis aktivitas yang dilakukan biasanya bervariasi dan jenis fasilitasnya beraneka ragam.

Seperti yang kita tahu bahwa pekerjaan yang mulia untuk mengenalkan Indonesia salah satunya adalah ketika seorang bembicara di suatu objek wisata yang mengenalkan kepada seorang tourist yang berkunjung ke Indonesia, gambaran seperti demikianlah yang saya lihat ketika saya ingin menyelesaikan tugas kepariwisataan saya museum Lubang Buaya.

Ada seorang wanita cantik tinggi semampai berkulit putih langsat dengan kerudung yang ia kenakan dan rok abu-abu bercotak bunga. Dengan senyuman dan bahasa tubuh yang baik terdapat 1 keluarga asing yang mengikutinya sambil mendengarkan wanita tersebut menjelaskan tentang sejarah dan picture yang ada di tempat tersebut. Bahasa yang ia gunakan adalah bahasa inggris cara bicaranya pasih ,lancer,dan sangat terlihat kalau dia sangat menguasai bahasa tersebut yaitu bahasa inggris .

Saya memutuskan untuk mengikutinya karena ini demi tugas kepariwisataan saya. Ada 3 orang anak dari orang asing tersebut diantaranya 2 orang laki dan 1 anak perempuan. Seorang ibu yang cantik dan seorang ayah yang tinggi. Mereka mengikuti tour guidenya yang sedang menjelaskan tentang sejarah Indonesia zaman dahulu. Kemudian saya sangat memperhatikan wanita tersebut bahasanya sangat lancar ketika dia menjelaskan tentang “Bambu Runcing” dia berkata seperti ini “we call this Bambu Runcing Indonesia use this as weapon” dengan kaku orang asing tersebut berkata “Bahambuow Rouncing” serentak semua tertawa.

Lubang Buaya memeng bagus sebagai tempat untuk belajar sejarah baiknya pemerintah kita untuk membentuk tempat sejarah seperti itu dan tempat sebagus tersebut harus kita lestarikan dan kitarawat untuk mengenalkan sejarah yang sangat bermanfaat untuk mengenalkan Indonesia lebih baik kepada Negara lain dan pastinya kepada bangsa Indonesia yang masih belum tahu, unmtuk itu sangat penting peran Tour Guide sabagai pembicara untuk mengenalkan sejarah – sejarah tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar